NGENET DENGAN HP BLUETOOTH

Langkah Mudah Setting Komputer (Windows) Untuk Ngenet Dengan HP Bluetooth

Teknologi gigi biru atau lebih dikenal dengan Bluetooth sudah bukan merupakan barang mewah lagi. Kini berbagai macam perangkat elektronik semisal Laptop, telepon selular, headset, dll banyak yang telah melengkapi dirinya dengan bluetooth. Sehingga koneksi antar perangkat tsb menjadi mudah dan tidak diribetkan dengan kabel. Jika kita punya telepon selular yang mengusung teknologi ini, dan juga kita punya PC Desktop, serta tidak ketinggalan bluetooth adapter nya –yang kini harganya semakin murah– Atau bisa juga Laptop yang juga mengusung Bluetooth, kenapa tidak dimanfaatkan untuk NGENET dengan teknologi GPRS, 3G, ataupun HSDPA. Tinggal disesuaikan dengan Telepon Selular nya saja, tidak ada fasilitas HSDPA ataupun 3G ya pake saja GPRS nya.

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah memastikan bahwa perangkat bluetooth adapter kita telah di deteksi oleh Windows. Jika menggunakan USB Bluetooth Adapter untuk PC Desktop kita, pastikan driver telah di install dan dapat mengenali telepon genggam kita yang akan kita jadikan sebagai modem. Jika menggunakan Laptop, pastikan bluetooth sudah di on kan, dan telah mendeteksi keberadaan telepon genggam. Untuk memastikan bahwa perangkat bluetooth kita telah dikenali oleh windows sebagai MODEM, masuklah ke menu device manager,bisa dengan cara klik menu RUN pada start menu lalu ketikkan “devmgmt.msc” (tanpa tanda petik) lalu tekan OK atau ENTER. Klik “Modems” dan pastikan terdapat modem DUN.

Jika sudah langkah selanjutnya adalah mensetting sedikit DUN modem kita, yaitu dengan menambahkan sedikit AT Command pada menu Extra Settings nya. Klik kanan pada pilihan “Bluetooth DUN modem” lalu pilih tab “Advance” dan pada kolom Extra Settings tuliskan perintah AT Command sbb:
AT+CGDCONT=1,”ip”,”nama_akses_point”
nama_akses_point diganti dengan nama akses point (Access Point Name = APN) dari provider yang bersangkutan, untuk indosat APN nya adalah “indosatgprs”, sehingga perintah AT Command nya adalah:
AT+CGDCONT=1,”ip”,”indosatgprs”
untuk Three APN nya adalah “3gprs”, sehingga perintah AT Command nya adalah:
AT+CGDCONT=1,”ip”,”3gprs”

dan untuk provider lain, menyesuaikan.
Klik OK lalu tutup jendela “Device Manager”.

Tinggalkan komentar